Tutorial Surat Pengantar ke Redaksi Penerbit



Cara Menulis Surat Pengantar ke Redaksi Penerbit



1. Tentukan tujuan surat
Sebelum menulis surat, tentukan terlebih dahulu tujuan surat. Apakah untuk mengajukan naskah buku atau majalah.
2. Kenali penerbit
Sebelum mengirimkan surat pengantar, kenali terlebih dahulu penerbit yang dituju. Ketahui jenis buku atau majalah yang diterbitkan oleh penerbit tersebut.
3. Tulis pengantar singkat
Tulislah pengantar singkat yang menjelaskan isi naskah dan kelebihan yang dimiliki oleh penulis. Usahakan agar pengantar tersebut menarik perhatian penerbit.
4. Sertakan biodata penulis
Sertakan biodata penulis yang meliputi nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, riwayat pendidikan, pengalaman menulis, dan kontak yang bisa dihubungi.
5. Gunakan bahasa yang sopan dan lugas
Gunakan bahasa yang sopan dan lugas dalam menulis surat pengantar. Hindari penggunaan bahasa yang kasar atau slang.
6. Periksa kembali surat
Sebelum mengirimkan surat, periksa kembali surat untuk memastikan tidak ada kesalahan penulisan atau tata bahasa.


Contoh Surat Pengantar ke Redaksi Penerbit



Kepada Yth. Redaksi Penerbit Buku XYZ
Dengan hormat,
Saya, Maria, penulis cerpen yang telah memenangkan beberapa lomba menulis di tingkat nasional. Saya tertarik untuk mengajukan naskah buku fiksi kepada penerbit Buku XYZ.
Buku yang saya tulis berjudul "Semua Tentang Cinta". Buku ini menceritakan tentang kisah cinta yang terjadi di lingkungan kampus. Saya meyakini buku ini dapat menarik perhatian pembaca muda.
Saya telah mempersiapkan diri dengan serius dalam menulis buku ini. Selain itu, saya juga telah mengikuti beberapa pelatihan menulis yang diadakan oleh para penulis terkenal.
Saya berharap buku yang saya tulis dapat diterbitkan oleh penerbit Buku XYZ. Saya siap untuk bekerja sama dan memperbaiki naskah sesuai dengan masukan dari penerbit.
Terima kasih atas perhatian dan waktu yang diberikan.
Hormat saya,
Maria


Kesimpulan



Surat pengantar ke redaksi penerbit sangat penting bagi penulis yang ingin menerbitkan buku atau majalah. Dalam surat ini, penulis dapat meyakinkan penerbit untuk memilih naskah yang ditulisnya. Dalam menulis surat pengantar, penulis harus menggunakan bahasa yang sopan dan lugas serta mengikuti petunjuk yang telah disebutkan di atas.

close